Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Asia Tri Jogja Digelar di Omah Petroek Pakem Yogyakarta, 24-25 September 2019

Asia Tri Jogja Digelar di Omah Petroek Pakem Yogyakarta, 24-25 September 2019


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 24 September 2019   (547 Readers)

Asia Tri Jogja menjadi satu di antara banyaknya helatan bertajuk festival yang hadir sepanjang tahun di Yogyakarta, yaitu terutama dalam bentuk pementasan seni-tari serta musik.

Dari beragam pementasan seni pun berbagai jenis festival yang salah satu di dalamnya adalah juga gelaran Asia Tri Jogja ini menjadi upaya para pelaku seni-budaya serta para pengiat festival, untuk kemudian menjadikan keberagaman tersebut sebagai ruang hidup yang sehat.

Dalam kondisi sebagaimana terpaparkan di atas, maka di tahun 2019 ini, Asia Tri Jogja juga memposisikan diri untuk tak hendak ketinggalan mengambil perannya kembali dalam menjadikan Yogyakarta sebagai ruang silaturahmi budaya antarbangsa dengan menghadirkan karya pentas tari dan musik, yaitu dengan melibatkan seniman-seniman yang berasal dari berbagai negara, dan tentu saja termasuk berbagai daerah yang ada di nusnatara.

Awal digagasnya festival Asia Tri Jogja ini tak lain muncul dari bertemunya 4 orang seniman yang berasal dari 3 negara. Nama empat sosok seniman tersebut masing-masing adalah; Yang Hye Jin yang berasal dari Korea Selatan serta Soga Masaru yang berkewarganegaraan Jepang. Sedangkan dua orang lainnya adalah Bambang Paningron dan Bimo Wiwohatmo, keduanya sebagai orang Indonesia yang tinggal di Yogyakarta.

Baca juga:  Rangkaian Program Acara 'Festival Alumni Kelola' Hadirkan Seri Wayang Bocor di Kemang Jakarta

Asia Tri Jogja Digelar di Omah Petroek Pakem Yogyakarta, 24-25 September 2019Pertama kali diselenggarakan Asia Tri Jogja ini adalah pada tahun 2015 yang memilih tempat di kota Seoul -Korea Selatan. Selanjutnya diteruskan helatan serupa pada tahun berikutnya dengan lokasi di Yogyakarta, yang kemudian sejak saat itu helatan ini menjadi bagian dari dialektika seni dan budaya di kota gudeg Yogyakarta.

Perihal helatan Asia Tri Jogja pada tahun 2019 yang sejatinya juga menjadi rangkaian dengan helatan JISP alias Jogja International Street Performance ini, agendanya hendak dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 September 2019 dengan lokasi masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu bertempat di Omah Petroek, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Semenjak pertamakali diselenggarakan di Yogyakarta, sejatinya helatan  ini telah dihidupi oleh ratusan seniman dari dalam dan luar negeri. Bahkan bukan saja sebatas seniman dari Asia, akan tetapi hadir pula seniman yang berasal dar negeri kincir angin -Belanda, negeri kanguru -Australia, negara panser -Jerman, Austria, Libanon, Prancis, dan Italia.

Baca juga:  Lintasan FKY2019 Menjadi Wahana Merayakan Interaksi Seni-Budaya

Pada helatan Asia Tri Jogja 2019 yang bakal mempresentasikan karya selama dua hari tersebut, rencananya akan diramaikan oleh 23 karya pertunjukan, yang antara lain adalah Jun Amanto dan Rina Takahashi dari Jepang, Kalpana Sivan dari Singapura, Harama dari Sumba, dan Densiel Prismayanti Lebang wakil dari Toraja. Sebagai wakil dari tuan rumah -Yogyakarta, akan dihadirkan pula penampilan dari Whani Darmawan, Anter Asmorotedjo, dan Silir Pudjiwati. Sedangkan Ayu Permata, meskipun wanita ini telah lama dan sekarang juga masih tinggal di Yogyakarta, namun kehadirannya kali ini menjadi wakil dari Lampung sebagai kota ia lahir dan bertumbuh.

Baca juga:  Konser Titik Balik Captain Jack di Jogjakarta 22 Desember 2019 Menjadi Perayaan Pulang ke Rumah 4 Eks Personelnya

Mengenai maksud dan tujuan dari dihelatnya gelaran Asia Tri Jogja ini, kecuali guna membangun solidaritas di antara seniman satu dengan lainnya -khususnya antarseniman Asia, adalah juga guna memberikan ruang terbuka bagi para peserta untuk berkolaborasi dan mengembangkan jejaring. Harpapannya, helatan ini bisa menjadi salah satu bagian dalam menjadikan Yogyakarta sebagai pusat pengembangan budaya, sehingga akan tercipta dampak positif, khususnya pada bidang pariwisata, kehidupan sosial, sekaligus pada pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. [rpw]

Asia Tri Jogja -Tahun 2019
Penggagas Awal -Yang Hye Jin (Korea Selatan)
-Soga Masaru (Jepang)
-Bambang Paningron (Jogjakarta -Indonesia)
-Bimo Wiwohatmo (Jogjakarta -Indonesia)
Waktu 24 – 25 September 2019
Tempat Omah Petroek, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Penampil Dalam Negeri Harama (Sumba)
Densiel Prismayanti Lebang (Toraja)
Whani Darmawan (Yogyakarta)
Anter Asmorotedjo (Yogyakarta)
Silir Pudjiwati (Yogyakarta)
Ayu Permata (Lampung)
Penampil Mancanegara Jun Amanto (Jepang)
Rina Takahashi (Jepang)
Kalpana Sivan (Singapura)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *