Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Actathome Collabs Project

‘Actathome Collabs Project’ Menjadi Kolaborasi Kerja Kreatif Para Seniman yang Dipresentasikan Secara Online Melalui Kanal Media Sosial


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 21 April 2020   (702 Readers)

ACTATHOME COLLABS PROJECT adalah sebuah proyek aksi seni dari rumah atas respon kebijakan Work From Home yang diberlakukan pemerintah guna menyikapi kondisi pandemic Corona COVID19 yang akhir-akhir ini mewabah. Seniman sebagai pekerja informal yang juga terdampak berupaya untuk terus berkarya dengan kemampuannya sebagai pelaku seni meski itu dilakoni dari rumah.

“Act at Home” sebagai istilah yang terdiri dari tiga kata dan merupakan kerja kreatif dari Actathome Collabs Project ini merupakan proyek seni dari rumah yang sejatinya beberapa waktu silam telah diluncurkan video pertamanya, yang kemudian disebut sebagai #actathome_1. Ia diluncurkan pertamakali secara daring alias online pada hari Selasa 14 April 2020, melalui beberapa kanal sosial media. Di antaranya adalah channel IGTV, Youtube, dan Facebook.

Mengusung tagline “Jika Kamu Angkat Tangan, Tuhan Akan Turun Tangan”, selanjutnya Actathome Collabs Project ini kembal meluncurkan #actathome_2 yang agendanya dilakukan pada hari Selasa 21 April 2020 pukul 19:00 WIB. Proses penggarapannya masih dengan personil serupa, ialah Andy Seno Aji sebagai seniman visual yang biasanya hilir-mudik Jogjakarta-Bekasi, Jamaluddin Latif yang merupakan sosok aktor di Jogjakarta, dan Taufik Adam sebagai seniman musik yang bermukim di Jakarta.

Baca juga:  Memoar Egha De Latoya Akrabkan Penikmat Konser Musik dengan Buku dan Karya Lukisan

'Actathome Collabs Project' Menjadi Kolaborasi Kerja Kreatif Para Seniman

Actathome Collabs Project ini dilakukan dengan alasan bahwa seniman -sebagai pekerja kreatif di bidang seni- juga harus tetap berupaya kreatif dalam  menjalani profesinya.

Salah satu dampak dari mewabahnya pandemi COVID_19 kali ini, permasalahan utama ang muncul adalah dengan terbatasnya ruang presentasi. Baik itu terkait ruang pameran, ruang pertunjukan, ataupun public space lain semacamnya, yang ditutup dan dibatasi karena berpeluang menciptakan kerumunan. Sehingga imbas bagi para pekerja kreatif di bidang seni-budaya adalah kecu;itannya dalam hal mempresentasikan karyanya.

Dalam kondisi seperti terpaparkan di atas, maka ruang yang paling memungkinkan guna merealisasikan presentasi karya adalah melalui media virtual. Karenanya, bentuk karya-karya digital yang kemudian bisa disebarkan melalui media sosial yang disambungkan dengan jaringan internet menjadi solusi agar hasil karya kreatif tersebut tetap dapat dinikmati khalayak.

Baca juga:  Festival Buku dan Musik Mocosik 2019 Mengusung Tema "Buku Musik dan Kamu"

Gagasan Actathome Collabs Project yang didasarkan pada beberapa alasan di atas, maka dilanjutkan dengan melabeli-diri “19Minggu19VideoCovid19”. Artinya, project Actathome ini diagendakan bakal membuat sejumlah 19 video dan akan diluncurkan dalam waktu 19 minggu. Temanya sendiri adalah perihal Covid 19.

Sebanyak 19 karya dalam Actathome Collabs Project ini agendanya juga bakal dipublikasikan setiap hari Selasa, tepatnya pukul 19:00 WIB

Nama-nama tiga inisiator dari proyek kreatif dalam Actathome Collabs Project sebagaimana telah disebutkan di atas tak lain adalah seniman-seniman dengan berbagai lintas displin seni dan juga wilayah asal. Ke depannya, bahkan ia juga tidak menutup kemungkinan untuk membuka diri bagi seniman manca-negara. Sementara cara kerja karya kreatif ini adalah berkolaborasi sesuai dengan disiplin dan kreatifitas seniman.

Dengan begitu, project ini sifatnya juga membuka peluang kerja bersama bagi siapapun yang memiliki keinginan untuk terlibat, bukan saja sebatas pada pekerja seni a.k.a seniman. Bahkan ia terbuka pula pada penyantun dana dan media, baik mainstream pun anti-mainstream, ataupun influencer yang turut menyebarkan video dan informasi terkait karya-karya kolaboratif ini.

Baca juga:  Pawai Pembukaan FKY -Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019

Perihal tujuan dari karya kreatif, termasuk pembuatan video ini, selain sebagai ekspresi seni, simaksudkan juga guna berpartisipasi dalam membantu mengkampanyekan berbagai himbauan pemerintah bagaimana seharusnya kita bersikap dan mengikuti anjuran dalam melawan wabah Covid 19 ini. Karena itu, diharapkan video-video yang ditayangkan dari Actathome Collabs Project bisa memberi manfaat, yang kemudian bisa dijadikan sebagai bahan inspirasi guna menyadarkan masyarakat akan bahaya wabah Corona ataupun Covid 19.

Berkaitan dengan kerja kreatif dalam Actathome Collabs Project ini terbuka pula kepada Anda semua untuk menyalurkan donasi yang dapat ditujukan ke rekening BCA dengan nomor rekening 445 993 4909 atas nama Jamaluddin Latif. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *