Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
8 Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Tahun 2022

Inilah 8 Karya Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Audio-Radio Bahasa Jawa Pilihan Tim Pengembangan Sandiwara Radio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 Kategori Umum


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 22 July 2022   (278 Readers)

Tak ada banyak yang berubah saat 2022 ini menjadi tahun ke-4 penyelenggaraan sayembara penulisan naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa oleh ‘Tim Pengembangan Sandiwara Radio Daerah Istimewa Yogyakarta’ di bawah payung Dinas Kebudayaan DIY dan digawangi oleh Landung Simatupang sebagai tim pelaksananya. Hanya jumlah pemenangnya saja mungkin yang mengalami perubahan, yaitu terjadi penyusutan.

Jumlah 8 pemenang sayembara naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa inilah yang pada akhirnya menjadi pembeda, di mana pada 3 tahun sebelumnya, minimal ada 10 jumlah pemenang yang dipilih oleh panitia.

Perihal aturan sayembara ini bisa dikatakan sama sekali tak mengalami perubahan. Salah satunya adalah tiadanya ‘larangan’ bagi sosok yang karyanya pernah terpilih di tahun-tahun sebelumnya, padahal apabila hal itu dilaksanakan, bukan tidak mungkin langkah nyata bentuk ‘regenerasi’ itu akan tercipta.

Sebaliknya, tatkala tiada pengecualian atau bahkan larangan bagi nama pemenang sayembara pada tahun-tahun sebelumnya untuk turut serta kembali, maka sosok-sosok yang ‘ndableg’ dan tak memiliki empati sekaligus rasa-pangrasa dan ewuh-pakewuh’ akan dengan bahagia mengikutinya kembali. Bagi orang seperti ini, persoalan bakal diomong ‘ora duwe isin’ bisa jadi merupakan urusan belakangan yang tak akan ia dengar apalagi pikirkan.

Sesuai ketentuan yang telah diumumkan, tanggal 20 Juli menjadi hari diumumkannya nama pemenang sayembara naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa, baik untuk kategori umum maupun untuk kategori pelajar (SMA sederajat).

Keputusan pemilihan naskah-naskah terbaik ini dilakukan tak lepas dari tujuan dari penyelenggaraan sayembara, yaitu menjadi langkah sekaligus upaya dari Kundha Kabudayan a.k.a Dinas Kebudayaan DIY guna memperkaya khazanah naskah sandiwara radio bahasa Jawa di wilayah DIY, yang kelak bentuk dari naskah terpilih tersebut akan dialih-wahanakan menjadi sebuah audio.

8 Nama Naskah Terpilih Dewan Juri

Berkaitan dengan keputusan Dewan Juri yang telah membaca, mencermati, dan menganalisa naskah-naskah para peserta Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Audio/Radio, di bawah ini adalah nama-nama penulis sekaligus judul naskah yang telah diumumkan melalui akun Instagram Panitia Penyelenggara pun Dinas Kebudayaan DIY, pada tanggal 20 Juli 2022.

NO NAMA PESERTA JUDUL NASKAH
1 Margareth Widhy Pratiwi Anak
2 Priyo Nugroho Konang Nggembol Lintang
3 Effy Widjono Putro Luweng
4 Agus Joko Purnomo Manuke Mbah Bogel
5 Sutino Nunut Urip
6 Erlina Rakhmawati Powang
7 Syamsu Setiaji Reuni
8 Bayu Saptama Parfum

Sejumlah delapan nama sekaligus karya yang terpilih oleh Tim Pengembangan Sandiwara Radio/Audio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022 telah diumumkan. Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, dari nama-nama di atas, apabila diamati ternyata ada nama-nama yang sering muncul dalam ajang-ajang serupa beberapa waktu sebelumnya. []

8 Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara 2022

4.8/5 - (5 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.