Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
yogyakarta-sediakan-25-rs-rujukan-guna-melawan-dan-menanggulangi-wabah-virus-corona-covid19

Inilah 25 Rumah Sakit Rujukan dalam Melawan dan Menanggulangi Wabah Virus Corona COVID19 di Yogyakarta


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 23 Maret 2020   (394 Readers)

Infeksi Corona atau dikenal dengan istilah COVID19 merupakan virus yang awalnya merebak di negeri tirai-bambu dan kemudian menyebar ke belahan bumi, hingga pada akhirnya menjadi momok dunia. Ialah satu penyakit mematikan yang biasanya ditandai dengan demam namun suhu tubuh lebih dari 38DC, batuk-batuk, juga sesak-nafas.

Virus Corona COVID19 yang mewabah dan menjalar dengan cepat ini seolah tak butuh waktu untuk bisa meregangkan nyawa manusia. Bagaimana tidak, di negara Italia saja, hanya dalam waktu sekejap, ribuan nyawa telah hilang dibuatnya. Karenanya, teramat pantas penyakit ini menjadi hal yang harus diperangi dan dilawan bersama-sama. Apalagi jika melihat bahwa penularannya sungguh teramat cepat.

Berbagai negara, bukan saja negara-negara miskin pun berkembang, namun negara yang bisa dikatakan telah maju tak luput dari virus yang satu ini. Mereka semua jauh dari kata siap dalam mengadakan perlawanan, kewalahan dibuatnya. Pun dengan negeri kita, Indonesia. Di awal, seolah merasakan santai para pejabatnya, tak sedikit yang justru mencitrakan terbebas dari corona,  dan bahkan ada pula yang sesumbar, namun apa daya manusia, toh pada akhirnya ia mendatangi kita. Yaitu dimulai dari kota Depok, yang meskipun secara teritorial sudah masuk wilayah Jawa Barat, namun jaraknya tak jauh dari Jakarta, ibukota Republik ini.

Baca juga:  Opening OMI; Olimpiade Mahasiswa IPB

Seiring waktu berjalan, bukan saja Depok yang menjadi wilayah jajahan virus corona itu, karena hingga kini Jakarta menjadi wilayah yang terbanyak diacak-acaknya. Demikian pula dengan Jogjakarta, ia justru diawali dengan anak balita.

Menghadapi Virus Corona COVID19 tersebut, pada mulanya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan sebanyak 4 Rumah Sakit rujukan guna menanganinya. Ialah RSUP dr. Sarjito, RSUD Panembahan Senopati (Bantul), RSUD Kota Yogyakarta, dan RSUD Wates (Kulon Progo). Penyediaan 4 Rumah Sakit Rujukan tersebut didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan bernomor HK.01.07/Menkes/169/2020, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga:  Mengenal Olahraga-Tradisional Lomba Nglarak Blarak dari Kulon Progo Sebagai Perpaduan Edukasi, Prestasi dan Rekreasi

Akan tetapi, sekira satu minggu setelah penyediaan 4 rumah sakit rujukan tersebut justru  virus ini makin tak terkendali, maka tepat pada tanggal 20 Maret 2020, Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY kemudian menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dengan ketetapan tersebut, selanjutnya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan sejumlah 25 rumah sakit rujukan untuk penanganan Virus Corona COVID19.

tindak-pencegahan-wabah-virus-corona-covid19

Daftar 25 Rumah Sakit Rujukan di Yogyakarta dalam Penanggulangan Wabah Virus Corona COVID19

Kota Yogyakarta:

  1. RSUD Kota Yogyakarta
  2. RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  3. RS Panti Rapih
  4. RS Bethesda
  5. RS Pratama
  6. RS Siloam
  7. RS DKT Dr Soetarto
Baca juga:  Mengenal Olahraga-Tradisional Lomba Nglarak Blarak dari Kulon Progo Sebagai Perpaduan Edukasi, Prestasi dan Rekreasi

Kabupaten Sleman:

  1. RSUP Dr Sardjito
  2. RSUD Sleman
  3. RSUD Prambanan
  4. RS JIH
  5. RS Panti Rini
  6. RS Sakina Idaman
  7. RS PKU Muhammadiyah Gamping
  8. RS Bhayangkara
  9. RSA UGM
  10. RS Hermina

Kabupaten Bantul:

  1. RSUD Panembahan Senopati
  2. RSPAU Dr Hardjolukito
  3. RS Santa Elizabeth
  4. RS PKU Muhammadiyah Bantul

Kabupaten Kulonprogo:

  1. RSUD Wates
  2. RSUD Nyi Ageng Serang -Sentolo

Kabupaten Gunung Kidul:

  1. RSUD Wonosari
  2. RS Panti Rahayu

Sebagai informasi, apabila sebanyak 4 Rumah Sakit Rujukan guna menanggulangi dan melawan Virus Corona COVID19 yang telah tersedia sejak awal secara hukum didasarkan pada keputusan menteri, maka untuk 21 rumah sakit tambahan mengacu pada SK Gubernur DIY. [rpw]

Pic-Source: Twitter humasjogja

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *