Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Mengenang Mas Hasmi Gundala Putera Petir

Peringatan 1000 Hari ‘Mengenang Mas Hasmi Gundala Putera Petir’ Persembahkan Teater Kembang Adas di Taman Budaya Yogyakarta


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 3 Oktober 2019   (125 Readers)

Hasmi mungkin saja menjadi nama yang tak akan asing lagi bagi mereka yang menggemari dunia komik tanah air, terutama penggemar komik superhero berjuluk GUNDALA. Pasalnya, sosok lelaki bernama Hasmi itulah penulisnya.

Hasmi Gundala Putera Petir, demikian sebagian orang memberikan nama lengkapnya. Adalah sosok pria yang terlahir di Yogyakarta pada tanggal 25 Desember 1947, yang oleh teman-teman dekatnya acap dipanggil dengan sebutan Mas Nemo. Namun kerabat dekatnya memiliki panggilan lain, yaitu Om Mbik.

Mengenang Mas Hasmi Gundala Putera PetirHasmi Gundala Putera Petir sejatinya memiliki nama lengkap Haryo Suraminata. Ia telah berpulang pada tanggal 6 November 2016 silam, karena ada masalah di pencernaannya.

Dengan kepulangannya tersebut, maka tiga tahun setelahnya, yaitu pada hari Jumat Legi, 4 Oktober 2019, beberapa rekan dan sahabat mengenang dan memperingati sebagai 100 hari kepergian beliau.

Baca juga:  Kisah Legendaris Lampor Muncul di Festival Video Mapping SUMONAR

Sebagai masyarakat Jawa tentu tak akan asing lagi dengan peringatan seribu hari wafatnya seorang sahabat pun saudara, yang biasanya bakal diisi dengan doa sekaligus slametan. Pun demikian yang bakal digelar di area Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No. 1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Peringatan 1000 hari dari Mas Hasmi Gundala Putera Petir diwujudkan dengan mengenangnya.

Dalam mengenang Hasmi Gundala Putera Petir alias Suwargi Haryo Suraminata dengan tempat di TBY, ada beberapa persembahan yang dikemas dengan tajuk “1000 Hari Mas Hasmi”. Gelarannya dilakukan pada Jumat Legi 4 Oktober 2019 dari pagi hingga malam hari. GRATIS!

Dalam mengenang Mas Hasmi, diawali sekira pukul 09.00 pagi dan akan berakhir pada pukul 18.00 petang, ada berbagai persembahan yang diselenggarakan oleh Prodi DKV ISI Yogyakarta, yang antara lain adalah;

  • Lomba Komik
  • Pameran Komik
  • Launching dan Diskusi Buku profil Mas Hasmi dan Gundala
  • Pemutaran Film dan Pameran Foto-foto Dokumentasi Mas Hasmi
  • Pertunjukan Musik
  • Atraksi Costplay dari Komunitas Costplay Yogyakarta (yang akan menghadirkan para superhero dunia)
Baca juga:  Bayak Bondowoso Melengkapi Seribu Candi Sampah Plastik di Biennale Jogja Equator #5 Tahun 2019

Selanjutnya pada malam hari yang dimulai pada pukul 19.00 WIB, masih di tempat yang sama, yaitu di ruang teater Gedung Societet TBY, agendanya adalah digelarnya beberapa atraksi seni, di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Musikalisasi
  • Pertunjukan Tari dan Musik
  • Pementasan Teater dari Kembang Adas

Teater Kembang Adas yang menjadi puncak penutupan pada helatan mengenang Mas Hasmi Gundala Putera Petir ini merupakan teater berbahasa Jawa dengan anggotanya adalah para perempuan. Kali ini ia bakal mementaskan lakon dengan tajuk “Randha Kinasih” atawa Andhe-andhe Lumut vs Gundala. Sebuah lakon berbahasa Jawa berisi komedi yang segar, dan dengan pertunjukan tari serta lantunan tembang.

Baca juga:  Pre Event Pertama FKY 2019 Mulanira Malyabhara

Mengenang Mas Hasmi Gundala Putera Petir

Dalam penampilannya pada peringatan 1000 hari mengenang Mas Hasmi Gundala Putera Petir ini, selain para pemain dari Teater Kembang Adas sendiri, kali ini akan didukung pula oleh para pemain kawakan seperti Daru Maheldaswara, Ami Simatupang, Yan Jangkrik, serta Cicit Kaswami Rahayu.

Bahkan, Landung Rusyanto Simatupang dan Butet Kartaredjasa pada malam hari itu juga akan memberikan kesaksiannya perihal kebaikan sekaligus kelucuan dari Mas Hasmi sewaktu masih timur. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *