Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
10 Pemenang Sayembara Naskah Lakon Kethoprak 2020 Kundha Kabudayan DIY

Inilah 10 Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Lakon Kethoprak 2020 Dinas Kebudayaan DIY


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 29 Agustus 2020   (730 Readers)

Sayembara penulisan naskah lakon kethoprak tahun 2020 sebagai salah satu kompetisi penulisan naskah-lakon seni pertunjukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2020 antara lain memiliki tujuan khusus agar tersedia naskah lakon kethoprak berkualitas dan dapat diterapkan dalam pementasan panggung dan atau media-media lain.

Dapat diketahui bahwa guna menentukan pemenang sayembara, secara umum dapat dipaparkan bahwa sayembara penulisan naskah lakon kethoprak dilakukan salah staunya karena seni pertunjukan tradisi kerakyatan kethoprak dianggap masih sangat identik dengan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya saja saat ini DIY masih terbilang miskin pementasan seni pertunjukan tradisi kerakyatan kethoprak berkualitas yang komprehensif dan terselenggara secara reguler.

Baca juga:  Syarat Ketentuan Sayembara Penulisan Naskah Lakon Seni Kethoprak Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta 2020

Berkaitan dengan alasan di atas, maka dalam penyelenggaraannya ini, maka dua tema pokok disediakan oleh pihak penyelenggaraa sayembara penulisan naskah kethoprak Kundha Kabudayan Ngayogyakarta (dalam hal ini adalah Tim Pengembangan Kethoprak Dinas Kebudayaan DIY), dan kemudian akan dipilih oleh klhalayak yang mengikutinya. Dua tema tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sultan Agung Hanyokrokusumo, Mataram Kerta (1613-1646)10 Pemenang Sayembara Naskah Lakon Kethoprak 2020 Kundha Kabudayan Ngayogyakarta
  • Ratu Kidul, mitologi Ratu Segara Kidul
    dengan suatu tafsir beda, visi spesifik subjektif argumentatif, yang memberi beda nyata dengan tafsir lakon-lakon mapan (sebelumnya/terdahulu)

Dalam menentukan sejumlah 10 pemenang sayembara, proses pengajuan tema telah dilakukan oleh para peserta sayembara sekira bulan April 2020 silam, maka selanjutnya pada tanggal 18 Mei 2020 telah diumumkan pula sebanyak 20 nama sebagai nominator, yang kemudian akan menuliskan naskahnya secara lengkap, dan dikirimkan ke pihak panitian paling lambat tanggal 17 Juli 2020.

Baca juga:  Inilah Jadwal Acara Festival Sastra Yogyakarta JOGLITFEST 2019 yang Telah Dibuka 2 September 2019

Tanggal 28 Agustus 2020 telah diumumkan 10 nama yang beruntung terpilih sebagai pemenang dan berhak atas hadiah uang sekaligus tercetak karyanya sebagai buku. Di bawah ini adalah nama 10 Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Lakon Kethoprak 2020 Dinas Kebudayaan DIY tersebut. [uth]

10 Pemenang Sayembara Naskah Lakon Kethoprak 2020 Kundha Kabudayan Ngayogyakarta
Sih Ari Purnama
Kembang Pabaratan Brian Riangga Dhita
Mustika Segara Kidul Mijanta
Pageblug 1918 Cosmas Dwi Indaryanto
Ratu Kidul Tandhing Lorensius Purwantono
Kayu Drini Pesisir Ngobaran Suyanto
Nawang Katresnan Susiana SP
Bedhah Giri Kedhaton Anwar Wiyadi
Swaraningtyas; Mayangkara Manjalma Fajar Laksana
Dom Sumurip ing Banyu Prayitno
Baca juga:  Proses Alih Wahana Karya di Pergelaran Musikalisasi Sastra 2019 Sebagai Proses Pembelajaran

.

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *