Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Karya Terbaik Naskah Sandiwara Radio Dinas Kebudayaan DIY 2021 Kategori Umum

Inilah 10 Karya Terbaik Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Audio-Radio Bahasa Jawa Pilihan Tim Pengembangan Sandiwara Radio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 Kategori Umum


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 14 September 2021   (218 Readers)

2021 menjadi tahun ke-3 diselenggarakannya sayembara penulisan naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa oleh ‘Tim Pengembangan Sandiwara Radio Daerah Istimewa Yogyakarta’ di bawah payung Dinas Kebudayaan DIY dan digawangi oleh Landung Simatupang sebagai tim pelaksananya.

10 karya terbaik naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa pada akhirnya berhasil dipilih dan diumumkan oleh Tim Pengembangan Sandiwara Radio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 untuk kategori umum yang waktu pelaksanaanya sempat diperpanjang, di mana pada awalnya helatan ini telah terjadwal dari tanggal 8 Juli hingga 8 Agustus, namun seiring berjalannya waktu, batas akhir penyetoran naskah diundur sepuluh hari, yaitu hingga pada tanggal 18 Agustus 2021. Pengunduran batas akhir waktu penyelenggaraan sayembara ini berlaku baik untuk kategori umum maupun untuk kategori pelajar (SMA sederajat).

Keputusan pemilihan sepuluh naskah terbaik ini dilakukan tak lepas dari tujuan dari penyelenggaraan sayembara, yaitu menjadi langkah sekaligus upaya dari Kundha Kabudayan a.k.a Dinas Kebudayaan DIY guna memperkaya khazanah naskah sandiwara radio bahasa Jawa di wilayah DIY, yang kelak bentuk dari naskah terpilih tersebut akan dialih-wahanakan menjadi sebuah audio.

10 Nama Naskah Terpilih oleh Dewan Juri

Selanjutnya terkait dengan keputusan Dewan Juri yang telah membaca, mencermati, dan menganalisa naskah-naskah para peserta Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Audio/Radio, di bawah ini adalah nama-nama penulis sekaligus judul naskah yang telah diumumkan pada tanggal 12 September 2021, baik melalui akun Instagram Panitia Penyelenggara pun Dinas Kebudayaan DIY, ataupun melalui laman Facebook Tim Pengembangan Sandiwara Audio/Radio Dinas Kebudayaan DIY.

NO NAMA PESERTA JUDUL KARYA
1 Siti Aminah J-PITU
2 Bayu Saptama NAGA DINA
3 Sudadi AWAN-AWAN KEMALINGAN
4 Giras Basuwondo BAGONG NJOGET LAN ADUS NGANGGO KERINGETE DHEWE
5 Panggah Rudhita Mardi Hatmaja MACAN SEDINA
6 Septi Niawati SAWANG
7 Muhamad Saleh, S.H. NYIDHAM
8 Erlina Rakhmawati MAPAN
9 Tri Wahyuni BATHIK LAN PANDEMI
10 Barokatuhsolihah, S.Ag., M.S.I. KAWELEH

Di atas adalah sepuluh nama sekaligus karya pada  yang terpilih oleh Tim Pengembangan Sandiwara Radio/Audio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2021. Dari nama-nama tersebut, jika diamati ada beberapa nama yang sering muncul dalam ajang-ajang serupa pada beberapa waktu sebelumnya. Dan dari sepuluh nama di atas, ternyata lima nama pada satu tahun silam, yaitu tahun 2020, karyanya juga berhasil dipilih oleh pihak panitia penyelenggara. Selain itu, ada pula satu nama penulis yang tak pernah absen karyanya terpilih oleh Dewan Juri sejak gelaran sayembara pertama pada tahun 2019 silam.

Demikian perihal 10 karya terbaik naskah sandiwara audio-radio Bahasa Jawa ini dipilih dan diumumkan oleh Tim Pengembangan Sandiwara Radio-Audio Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Semoga nama-nama terpilih oleh Dewan Juri di atas, yang 50 persen selama dua tahun ini berturut-turut dipilih, memang benar-benar layak, sehingga tujuan memperkaya khazanah naskah sandiwara radio bahasa Jawa di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dapat tercapai. []

Karya Terbaik Naskah Sandiwara Radio Dinas Kebudayaan DIY Tahun 2021 Kategori Umum

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *