Pawarta Adhicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.

Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, selengkapnya sila simak laman “Syarat & Ketentuan“.

 

4.6
05
HIGHLIGHT
   
Lomba Penulisan Naskah Drama Radio Bahasa Jawa

Lomba Penulisan Naskah Drama Radio Bahasa Jawa Tahun 2019

Diunggah oleh Wejangan Jawa, pada tanggal 27 Juni 2019

Lomba penulisan naskah drama radio bahasa Jawa akan digelar oleh Dinas Kebudayaan (Tundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta dan akan dibuka bagi warga DIY, yaitu mulai tanggal 27 dengan waktu/hari akhir penyetoran naskah pada tanggal 12 Agustus 2019.

Sayembara ataupun lomba penulisan naskah drama radio bahasa Jawa ini digelar guna memperkaya khasanah naskah drama radio berbahasa Jawa dan regenerasi pegiat drama radio bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terkait dengan tujuan tersebut, Tim Pengembangan Drama Radio Bahasa Jawa Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penyelenggaraan Lomba Penulisan Naskah Drama Radio Bahasa Jawa Tahun 2019 memberikan syarat dan ketentuan sebagai berikut;

Ketentuan Naskah

  1. Naskah drama radio berbahasa Jawa untuk durasi ±40 (empat puluh menit) dan sekali tamat (tidak bersambung).
  2. Tema dan cerita drama bebas, dan bersih dari sentimen negatif dalam hal kesukuan, keagamaan, ras, dan hubungan antargolongan di masyarakat.
  3. Banyaknya tokoh dalam drama berkisar dari 2 (dua) hingga 15 (lima belas) orang.
  4. Merupakan karya asli, bukan terjemahan, saduran, apa lagi jiplakan, atau jika naskah drama diilhami oleh atau digubah dari karya lain yang telah ada sebelumnya (misalnya naskah drama lain, cerita pendek atau cerita rakyat), sumber ilham atau gubahan itu berikut nama penulisnya wajib disebutkan dalam sub-judul naskah drama.
  5. Naskah drama belum pernah disiarkan melalui radio maupun media audio lain secara langsung dan/atau sebagai produk rekaman.

Ketentuan Peserta

Lomba terbuka untuk warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan mahasiswa Perguruan Tinggi di wilayah DIY. Peserta dapat mengikut-sertakan lebih dari satu karya.

Ketentuan Teknis

  1. Naskah diketik rapi menggunakan program MS Word, huruf Times New Roman ukuran 12, dengan spasi 1,5.
  2. Lembar pertama naskah hanya berisi nama penulis dan judul (serta subjudul jika perlu).
  3. Pengiriman setiap naskah disertai fotocopy KTP atau KTM.
  4. Mengirimkan softfile naskah ke email dramaradio2019@gmail.com
  5. Mengirimkan hardfile naskah rangkap 4 (empat), dijilid, dan ditujukan kepada:
    Sekretariat Tim Pengembangan Drama Radio Bahasa Jawa
    d.a. DINAS KEBUDAYAAN DIY (SEKSI BAHASA DAN SASTRA)
    Jalan Cendana 11, Yogyakarta
    (Naskah dibungkus amplop besar coklat, di sudut kanan atas ditulis Lomba Naskah Drama Radio Bahasa Jawa)

Waktu Pelaksanaan Lomba

Lomba Penulisan Naskah Drama Radio Bahasa Jawa Tahun 2019 dibuka pada 27 Juni 2019 dan ditutup tanggal 12 Agustus 2019

Penilaian, Karya Terbaik, Hadiah dan Lain-lain

  1. Naskah peserta lomba yang masuk akan dinilai oleh Tim Juri untuk menentukan 10 (sepuluh) karya terbaik sebagai pemenang.
  2. Untuk kesepuluh karya terbaik tersebut pada point sebelumnya, disediakan hadiah uang masing-masing sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dipotong pajak.
  3. Tim Pengembangan Drama Radio Bahasa Jawa DIY akan mengolah kesepuluh karya naskah terbaik itu menjadi rekaman drama radio, yang kemudian akan disiarkan melalui stasiun radio yang ditentukan nanti. Pengolahan itu juga akan meliputi penyuntingan naskah drama jika memang masih dipandang perlu.
  4. Naskah-naskah yang masuk menjadi milik Dinas Kebudayaan DIY. Ada kemungkinan bahwa di luar naskah-naskah pemenang dipilih pula naskah-naskah untuk diolah menjadi rekaman drama radio untuk disiarkan. Dalam hal ini, penulis naskah yang bersangkutan akan menerima imbalan sepantasnya pernaskah.
  5. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir bulan Agustus 2019.

Penutup

Kegiatan Lomba Penulisan Naskah Drama Radio Bahasa Jawa Tahun 2019 ini dibiayai dengan Dana Keistimewaan. Karenanya, sila berperanserta dalam kegembiraan bersama.

Keterangan Tambahan

Untuk peserta, selain memiliki KTP Yogyakarta, terbuka juga bagi mereka yang tinggal di Yogyakarta namun tak ber-KTP DIY, yaitu dengan menyertakan bukti surat keterangan-domisili yang sah dari pejabat berwenang.

 

4.6
05

Artikel pun Pawarta di atas diunggah dan dipublikasikan oleh 'Wejangan Jawa'. Isi ada di luar tanggung jawab redaksi, karenanya untuk informasi, sanggahan, saran, dan lain-lain, mohon kontak langsung pengunggah (Wejangan Jawa).

Ingin mengunggah serta mewartakan kegiatan dan acaramu di Situs Warta Agenda Acara | Pawarta Adicara Jaringacara juga?
Sila Klik Registrasi dan atau Login. Simak juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *