Pawarta Adhicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.

Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, selengkapnya sila simak laman “Syarat & Ketentuan“.

 

HIGHLIGHT
Syarat & Ketentuan

Syarat & Ketentuan

JARINGACARA sebagai rekan publikasi pun media partner pada dasarnya sangat terbuka dalam menerima pengajuan kerjasama dengan beberapa point syarat dan ketentuan. Prinsip dasar berjejaring pun masih tetap diberlakukan dalam merawat dan mengelola media JARINGACARA.

Mengenai syarat dan ketentuan kerjasama selengkapnya, sila simak point-point di bawah ini;

  1. Logo JARINGACARAKerjasama media partner masih tetap terbuka dengan tidak dikenai biaya (non fee),  namun diharapkan minimal tetap mencantumkan logo sekaligus adlips JARINGACARA sebagai wujud kontraprestasi pada helatan yang diajukan.
  2. Perihal logo JARINGACARA, dapat diunduh pada bagian bawah dari laman jaringacara.id/logo, yaitu dengan menekan tombol “Download Now“.
  3. Terkait pencantuman logo, mohon diperhatikan bahwa Logo JARINGACARA adalah tulisan ‘jaringacara.id’ (pawarta adicara) dengan latar merah bentuk oval, bukan hanya tulisan saja, dan sama sekali tak bisa diunggah  dengan bentuk-latar berbeda, baik bulat, kotak, pun lainnya.
  4. Situs jaringacara.id dibangun dengan menggunakan engine WordPress, dan terhitung pertanggal 01 Maret 2019 sifatnya telah menjadi Open-Site. Artinya, telah dibuka seluas-luasnya kepada sesiapapun untuk bisa mengunggah sendiri segala Pawarta Adicara, baik yang berbentuk artikel, pawarta, press release, pun yang lain-lainnya. Peran pengunggah adalah sebagai ‘Penulis a.k.a Author’.
  5. Syarat awal dalam pengunggahan Pawarta Adicara , selain memahami engine WordPress, wajib juga melakukan proses Registrasi -menggunakan email aktif- pada laman Registrasi di situs jaringacara.id
  6. Alasan penggunaan email aktif dalam proses registrasi serta proses login salah satunya adalah; sesaat setelah Proses Registrasi dilakukan, akan ada notifikasi yang dikirimkan menuju email. Notifikasi tersebut antara lain berisi pemberitahuan username (nama pengguna) serta link (tautan) yang harus di-klik guna mengetahui dan atau mengganti password (kata sandi) awal.
  7. Untuk Proses Registrasi, Login, dan juga Logout pada situs jaringacara.id, sila sorot-hover ‘Ikon Power‘ yang terletak di atas-kanan (bersebelahan dengan tombol pencarian). Atau bisa juga klik link berikut;
    Registrasi Login Logout
  8. Ketika Proses Registrasi telah dilakukan, dimohon pula untuk melengkapi data Contact Person –bisa berujud email, no HP, WA, dan lain-lain– pada laman Profil Pengguna/Penulis. Hal ini dilakukan agar kelak ketika ada publik hendak mengetahui lebih lanjut perihal pawarta yang terkabarkan, bisa langsung menghubungi pengunggah melalui alamat kontak yang telah dibubuhkan pada Bio Profil tersebut.
  9. Proses pengunggahan Pawarta Adhicara pada situs jaringacara.id dapat dipublikasikan sesuai waktu yang dikehendaki Penulis, baik terjadwal pun langsung saat itu juga. Hanya saja di kesempatan berbeda Tim Redaksi ataupun Crew Admin JARINGACARA berhak melakukan proses editorial dan kuratorial.
  10. Hal-hal yang menyangkut penyuntingan pada proses editorial dan kuratorial antara lain terkait dengan bahasa redaksional, proofreading, penentuan bingkai-kategori maupun tag-label, serta perihal lainnya. Kewenangan penyuntingan ini sepenuhnya ada di pihak Tim Redaksi pun Crew Admin JARINGACARA yang mengacu pada aturan-baku dapur-keredaksian JARINGACARA dan juga pemenuhan standard pewartaan/jurnalisme. Karenanya terkait hasil akhir penyuntingan dari proses editorial dan kuratorial tidak bisa diganggu-gugat.
  11. Pawarta Adicara yang telah dipublikasikan di situs jaringacara,id ini beberapa saat kemudian secara otomatis juga akan tersebar (dijembatani pihak ke-3) ke linimasa Akun Twitter @jaringacara sebanyak satu kali.
  12. JARINGACARA meminimalisir sekali hal-hal yang terkait dengan SARA sekaligus menghindari unggahan yang beraroma partisan dan perihal sejenisnya.
  13. Prioritas lebih dihadirkan bagi pengunggah yang berkenan mencantumkan kontraprestasi berupa logo dan adlips JARINGACARA. Kelebihan prioritas itu di antaranya adalah kemudahan pada proses editorial serta terbukanya kesempatan untuk dipublikasikan di jaringan sosial-media Jaringacara; baik Twitter, Instagram, Fanspage FB , pun yang lain-lainnya.
  14. Materi publikasi yang tersajikan minimal berisi poster/gambar-ilustrasi dan sekaligus juga caption/narasi. Bukan hanya salah satunya saja.
  15. Pada paket non-fee, untuk penyebaran di media-sosial tidak akan ada pemberlakuan revisi materi publikasi di kemudian hari.
  16. Satu materi publikasi terbatas hanya untuk/pada satu acara yang sama.
  17. Untuk penyebaran di media-sosia tidak diberlakukan permintaan penjadwalan, baik perihal waktu, hari, dan atau tanggal
  18. Masih untuk paket non-fee, pihak JARINGACARA tidak menerima surat perjanjian pun MoU
  19. Memperjelas, apabila berkenan memberikan kontraprestasi, minimal adalah berupa pencantuman logo dan juga adlips.
  20. Apabila menghendaki publikasi lebih dan memiliki permintaan-permintaan khusus karena tak ada dalam ketentuan yang sudah disebutkan, baik terkait waktu, jumlah, platform media(sosial), serta ketentuan-ketentuan lain, akan diberlakukan fee.

Sekali lagi, jaringacara membuka-diri kepada sesiapapun untuk bisa mengunggah sendiri materi Pawarta Adicara di laman https://jaringacara.id. Mengenai informasi lebih lanjut perihal kesepakatan-kesepakatan pada paket fee (berbayar)sila layangkan juga ke alamat email; mail@jaringacara.id. Atau bisa pula mengisi form pada laman kontak kami (Sila Klik).

Salam dan terima kasih.

[googlemaps width=200 height=250]