Pawarta Adhicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.

Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, selengkapnya sila simak laman “Syarat & Ketentuan“.

 

HIGHLIGHT
   
Lakon Hedda Gabler Pertama Kali Dimainkan di FKY

Lakon Hedda Gabler Pertama Kali Dimainkan di FKY

Diunggah oleh Desi Puspitasari, pada tanggal 5 Agustus 2017

HEDDA GABLER menjadi judul cerita teater yang dipanggungkan oleh SAC (Saturday Acting Club) pada perhelatan teater Festival Kesenian Yogyakarta tahun 2017, tepatnya di area Auditorium Institut Seni Indonesia, Sewon, Bantul. Ialah pertunjukan teater dengan durasi lama, yaitu kurang-lebih empat jam.

Hedda Gabler -Teater SACMenjadi dipilih dalam teater FKY tahun 2017 karena sudah teramat jarang sekarang ini pertunjukan teater dengan durasi lama tersebut. Penonton masa kini yang mengikuti perkembangan serba cepat teramat gampang dibosankan dengan segala sesuatu yang jauh dari “keserba-cepatan” tersebut.

Pertunjukan lama ini tetap dilakukan karena tujuan menonton teater itu juga hendak dikembalikan; bahwa pemirsa bukan saja harus mendapat hiburan, namun juga mendapatkan ilmu, sejarah, dan pernik-pernik lain yang dipentaskan. Termasuk mendapatkan nilai dalam menghargai sebuah karya. Namun bukan berarti lantas menutup mata dengan perkembangan yang ada. Karena pada pertunjukan teater Hedda Gabler di ISI tersebut disiasati dengan memisahnya menjadi empat babak. Tentu demi tetap mengakomodasi kondisi penonton masa kini tadi. Dan di jeda tiap babak tersebut pada akhirnya juga bisa dijadikan ruang teman-teman HMJ ISI untuk menunjukkan karya-karya kreatifnya.

Selain itu, penonton pun tak monoton hanya diletakkan pada posisi obyek. Maish di sela-sela jeda babak, penonton diberikan kesempatan untuk berswa-foto di atas panggung, dengan catatan tak boleh mengubah bahkan merusak tatanan panggung yang sudah ada.

Perihal pementasan teater “Hedda Gabler” tersebut, di bawah ini adalah sebentuk press release yang dikabarkan oleh divisi marketing dan komunikasi Festival Kesenian Yogyakarta. Sila simak selengkapnya.

***

Yogyakarta, 5 Agustus 2017

Hedda Gabler -Teater SACHelatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY 29) telah memasuki hari ke sepuluh, dengan total jumlah pengunjung sampai tulisan ini diturunkan sebanyak 40,529 orang. Antusiasme pengunjung terlihat di sejumlah agenda kegiatan yang tengah berlangsung seperti pasar seni, pameran perupa muda (Paperu), lomba dan workshop, panggung pasar seni, maupun beberapa agenda yang sudah dilangsungkan seperti bioskop FKY, Jogja Video Mapping Project, dan sastra.

Di hari Sabtu (5/08) akan dilangsungkan program pertunjukan Teater FKY 29 persembahan Saturday Acting Club yang bertajuk Hedda Gabler karya Henrik Ibsen. Naskah ini dulunya diterjemahkan oleh Asrul Sani. Sedangkan untuk pertunjukan teaternya disutradarai oleh Rukman Rosadi. Program teater FKY akan diselenggarakan di Auditorium Jurusan Teater, Institut Seni Indonesia – Yogyakarta.

“Yang menarik dari program teater FKY kali ini agak beda, sebab naskahnya panjang. Dan karena itu dimainkan per babak”, ujar Jamalludin Latif, koordinator Teater FKY 29. Jamal melanjutkan bahwa program teater FKY 29 menjadi unik karena naskah Hedda Gabler memang untuk pertama kalinya dipentaskan di Yogyakarta, bahkan di Indonesia.

Hedda Gabler - Official Doc FKY29 - Erwin Octavianto

Official Doc FKY29 – Erwin Octavianto

Hedda Gabler adalah salah satu naskah terbaik yang pernah ditulis Henrik Ibsen. Rangkaian cerita dan peristiwa di dalam naskah tersebut disusun dengan kausalitas logika yang ketat. Menurut Rukman Rosadi, pertunjukan teater FKY 29 kali ini berusaha untuk memaksimalkan penafsiran pikiran-pikiran Ibsen yang sangat cemerlang.

“Sebuah naskah yang sangat teliti dan durasi yang panjang tentunya butuh cara khusus untuk berhadapan dengan penonton hari ini yang memiliki ritme hidup cepat dan kebutuhan yang lebih kompleks”, tulis Rosadi.

Pertunjukan Hedda Gabler ini gratis dan akan dibagi menjadi empat babak. Babak pertama, Perkawinan Palsu Hedda Gabler akan dilangsungkan mulai pukul 15:00. Sementara itu babak 2, Rencana Balas Dendam Hedda Gabler akan dilangsungkan mulai pukul 16:30. Sedangkan babak 3 dan 4, yakni Hedda Gabler Menghasut Lövborg dan Kematian Hedda Gabler yang Indah akan dilangsungkan mulai pukul 19:30.

Selain program teater, FKY 29 masih akan melangsungkan beberapa agenda kegiatan lain seperti Panggung Senyap pada 5/08, Panggung Mak Byarr pada 8/08, serta pertunjukan wayang kulit pada 12/08.

Keterangan:
Narasumber : Koordinator Teater FKY – Jamalludin Latif

 

Artikel pun Pawarta di atas diunggah dan dipublikasikan oleh 'Desi Puspitasari'. Isi ada di luar tanggung jawab redaksi, karenanya untuk informasi, sanggahan, saran, dan lain-lain, mohon kontak langsung pengunggah (Desi Puspitasari).

Ingin mengunggah serta mewartakan kegiatan dan acaramu di Situs Warta Agenda Acara | Pawarta Adicara Jaringacara juga?
Sila Klik Registrasi dan atau Login. Simak juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *