Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
About

About

ABOUT | JARINGACARA adalah media publikasi dengan home-base di Yogyakarta yang merupakan bagian dari keluarga JARINGPROject. Tak lain, karena ia terlahir seiring dengan persiapan dari pertunjukan teater tunggal (monolog) yang dilakoni oleh Tim JARINGPROject di Solo (Surakarta) Jawa Tengah. Pertunjukan teater di Surakarta itu sendiri tepatnya adalah pada tanggal 23 September 2016, yaitu dalam helatan Mimbar Teater Indonesia (MTI) yang bertempat di Teater Arena -Taman Budaya Surakarta.

About Logo Trans JARINGACARADapat diketahui bahwa pemanggungan JARINGPROject bertajuk “Menjaring Malaikat” yang waktu itu mendapatkan apresiasi menggembirakan dari khalayak tak bisa lepas dari publikasi yang dilakukan oleh JARINGACARA, meskipun media ini usianya relatif masih sebatas “bau-kencur”. Karenanya, didasarkan pada kenyataan tersebut, Divisi Media Literasi dan Publikasi JARINGPROject memiliki tekad menjadikan JARING ACARA untuk tak sekadar sebagai corong bagi tim internal JARINGPROject saja, lebih dari itu, juga keluar dari kotak (out of the box).

Selanjutnya, seiring kelahiran JARINGACARA sekira bulan April 2016 -yang berbarengan dengan benih-lahirnya nama JARINGPROject tersebut, maka satu tahun kemudian, yaitu medio Maret 2017, menjadi bulan untuk menindaklanjuti tekad di atas, yaitu mengawali pengelolaan JARINGACARA ini sebagai media publikasi yang tak hanya sebatas alatnya JARINGPROject.

Bahwa sejak kuartal pertama tahun 2017 tersebut, JARINGACARA memiliki niatan bisa menjadi bagian dari subyek pemberitaan sekaligus produksi konten yang sehat. Dengan begitu ia juga berkeinginan dapat memproduksi, menampung, dan juga kemudian menebarkannya kembali segala konten sehat di ranah digital, yang itu juga meliputi agenda acara seni-budaya pun pariwisata. Hal tersebut termasuk pula pada ranah sosial media, yang juga memiliki kemauan bisa memberi warna, baik dalam mengabarkan warta, mewartakan cuaca, juga sesekali mengajak becanda dan menebarkan tawa.

Perihal situs yang dibangun, dan juga segala jenis platform publikasi JARINGACARA yang ada, kelak bakal dikembangkan seturut dengan pertumbuhan teknologi digital, dan tentunya juga sesuai dengan kemampuan serta waktu yang kami miliki.

Kemudian ikhwal ketersediaan pawarta-adicara yang ada pada situs jaringacara.id ini, secara umum mengarah ke dalam segala pewartaan terkait agenda acara pun segala kegiatan dan perhelatan. Hal itu juga sangat mungkin apabila hendak dibagi ke dalam kaidah yang terdapat dalam ragam MICE sebagaimana yang lazim diselenggarakan di pelbagai kegiatan. Yaitu Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition yang merupakan akronim dari MICE itu sendiri, atau dalam bahasa Indonesia bisa disarikan ke dalam ragam Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran.

Dalam perkembangannya MICE sendiri memungkinkan juga untuk bisa kami perluas. Beberapa alasannya karena C pada Convention tersebut sangat bisa dimaknai sebagai Celebration, Concert, ataupun Conferences, sedangkan E pada Exhibition dapat merujuk pada Event alias perhelatan yang tak sebatas pada pameran alias Exhibition saja. Pun dengan M dalam meeting, yang oleh beberapa orang acap di-plesetkan menjadi Marriage, sementara I pada Incentive bagi sebagian orang lainnya bisa diarahkan pada tindak investasi a.k.a Investation.

Dengan latar belakang yang berhubungan pada kaidah MICE tersebut, maka kami membagi konten di situs JARINGACARA ini ke dalam beberapa kategori, yaitu sebagai berikut;

  • Meeting & Convention, yang kami maknai sebagai Rapat dan Pertemuan
  • Festival & Concert, yang kami definisikan sebagai Kegiatan Festival serta Konser -baik musik, tari, pun hal lain semacamnya
  • Workshop & Seminar, yang kami artikan sebagai Lokakarya dan Seminar
  • Event & Exhibition, yang kami sepadankan dengan Perhelatan dan Pameran
  • Article & Release, yang sangat bisa diisi dengan segala hal terkait pawarta adicara. Baik Press Release, Journal, Esay, Feature, Liputan, dan masih banyak lagi

Sementara ada pula tambahan lain sebagai kategori-pendamping, yang antara lain adalah: Acara Kampus, Hibah dan Residensi, Literasi dan Sastra, Lomba dan Kompetisi, Olahraga dan Kesehatan, Pariwisata dan Kuliner, Seni dan Budaya, juga Teknologi dan Komunikasi.

Kemudian sehubungan dengan  home-base JARINGACARA yang berlokasi di Yogyakarta, maka ikhwal publikasi pawarta tentu akan lebih dominan mengabarkan segala hal yang kaitannya tak jauh dari wilayah tersebut. Karenanya, kamipun membuka diri bagi Anda -di manapun berada- apabila berkenan untuk menjadi free kontributor dalam mengunggah konten pada laman jaringacara.id ini, yang minimal berisi 300 kata serta 1 gambar/poster. Untuk selengkapnya mohon simak laman syarat & ketentan ini (Sila Klik).

Demikian sekelumit tentang JARINGACARA. Selanjutnya mengenai kontak dan kerjasama publikasi pun media partner, sila bisa menghubungi kami di laman kontak, atau bisa pula melayangkan surat-elektronik melalui mail@jaringacara.id dan/atau jaringacara@gmail.com

Salam dan terima kasih…

[googlemaps width=200 height=250]